Friday, 16 October 2015

Erika goes to Hong Kong

halo semuanya~ erika disini..
di kesempatan kali ini aku ingin bercerita kembali tentang perjalananku ke Hong Kong >u<
beberapa bulan yang lalu aku sudah pernah menulis tentang perjalananku ke Hong Kong yang sudah kubagi menjadi 4 part, untuk lebih jelasnya kalian bisa cek disini <3
nah di postingan baru kali ini juga ngga kalah menariknya lohh~ #oh ya?. hehe aku harap kalian akan tetap setia untuk membacanya yaa

My Journey [ START ]

pengalamanku dimulai dari kabar yang berasal dari nenek-ku yang tinggal di Hong Kong, nenek-ku mengundang kami para cucunya untuk datang berkunjung ke tempat ia tinggal, mendengar hal itu aku merasa sangat kaget dan gembira, mengetahui kalau aku bisa ke luar negeri untuk pertama kalinya dan bertemu dengan nenek dan saudara-saudara ku disana.

Pada  tanggal 5 Febuary aku, Eriva dan cici ku (Cyntia) kami ber-3 pergi ke Hong Kong untuk pertama kalinya, cici ku sebelumnya sudah pernah ke luar negeri, namun ini pertama kalinya bagi diriku dan adik kembar ku Eriva untuk pergi ke luar negeri dan naik pesawat terbang >////< karnanya saat itu aku merasa exited sekalii

[DAY.1] menuju ke Hong Kong kami beruntung sekali karena kami mendapatkan tiket murah PP hanya sekitar 3 juta rupiah saja untuk 1 orang. kami menggunakan pesawat Air Asia dan pulangnya Tiger Air. pesawat yang kami gunakan akan berangkat pukul 8 pagi WIB,

jam stenga 5 pagi aku dan adikku sudah bangun untuk sarapan dan persiapan. Lalu sekitar jam 6 pagi saudara ku menjemput kami dengan mobilnya dan kami pergi menuju bandara Internasional Soekarno hatta.
Sesampainya di bandara kami langsung menuju terminal 2 untuk perjalanan Internasional.
di loket kami menukarkan tiket, lalu koper yang ingin diletakan di bagasi di timbang, kami mendapatkan kuota untuk bagasi 30 Kg untuk 3 orang.
 bisa dibayangkan itu sangat sedikit sekali o<--<. Setelah koper ditimbang dan dimasukan ke bagasi kami diharuskan membayar Airport tax sebesar 150 ribu rupiah untuk 1 orang,
setelah membayar kami berjalan menuju ruang tunggu, jalurnya sudah tertulis di tiket sehingga tidak membuat kebingungan. Sebelum masuk ruang tunggu kami melewati proses Imigrasi yang pertama, kami ditanya
"ingin pergi kemana?"
"mau pergi jalan-jalan mengunjungi saudara ke Hong Kong"
"oh ke Hong Kong"
sambil petugas memberi pertanyaan mereka juga mengecek pasport milik ku, sambil dilihat fotonya lalu di lihat bagian biodatanya yang di dalam passport. Saat di interview kalian jangan menjawab dengan kaku, santaii saja dan tidak perlu grogi, karna bisa saja kalau kalian tampak grogi akan dicurigai dan ditanya-tanya lebih lama.

selanjutnya tidak hanya sampai disitu, kami ketempat imigrasi yang ke dua, di sana kami harus melepaskan barang-barang berjenis metal, emas, perak, dll yang kami kenakan (anting, gelang, cincin, jam tangan, gesper, bando/jepit rambut, dll)
dan diletakkan pada baki/nampan yang telah disediakan, selain itu juga tas jinjing yang dibawa masuk ke kabin pesawat juga diletakan di baki. Lalu akan melewati palang pendeteksi, kalau ditubuh kita masih menempel benda berjenis diatas yang tadi telah aku sebutkan, palang tersebut akan berbunyi dan kita harus kembali ke tempat awal dan melepaskan benda tersebut.

setelah berhasil melewati proses imigrasi ke2 waktunya santaii~
kami hanya perlu menunggu di tempat tunggu  sampai jadwal pesawat kami tiba.
 Tak lama kemudian Akhirnya terdengar juga suara dari speaker yang menunjukan bahwa pesawat kami telah tiba dan siap untuk terbang.

Antrian mulai terjadi, dan petugas sibuk mengecek tiket, dan merobek tiket sebagai bukti, setelah tiket disobek kami turun menggunakan eskalator dan di depan sudah ada beberapa bus menunggu untuk membawa penumpang menuju pesawat,
setelah sekitar 5 menit menuju lapangan terbang kami turun bis dan mulai naik ke pesawat, di dalam sudah ada beberapa pramugari cantik yang siap membantu penumpang untuk mencari kursi^^ (pramugari Air asia cantik-cantik bangettt kayak boneka..hhaha)
tempat duduk kami kebetulan di 5 baris kursi depan yang spacenya agak lebar #so lucky
 dan rute INDONESIA - MALAYSIA - HONG KONG
siap kami tempuhh>///<

IND - MALAY hanya kira-kira butuh waktu sekitar 1-2 jam untuk sampai. Selama di dalam pesawat yang ku lakukan hanya memandang langit saja.
 Sesampainya di bandar udara internasional Kuala Lumpur  kami turun dan menuju jalur selanjutnya, awalnya kami agak bingung namun setelah berjalan sedikit jauh kami melihat papan petunjuk
"Left: P11,P10, etc  Right: Out"
kaki langsung otomatis ke arah kiri, dan untungnya jalurnya benar.
Kami masuk kembali kekawasan ruang tunggu,
 karna transit sekitar 2 jam kami memutuskan untuk mencari makan dulu, dan pilihan jatuh ke McD. hal ingin aku lakukan saat berada di negara lain adalah mencoba McD mereka. hehe so far McD di Malay rasanya tetap enak dan porsinya agak lebih besar Love it!

sekitar 50 menit sebelum keberangkatan kami ke jalur penerbangan, kalo ngga salah waktu itu P11, dan masuk ke antrian imigrasi, imigrasi yang dilakukan sama seperti di Indonesia melepas benda-benda perak, tas, dan letakan di baki/nampan setelah itu lewat palang pendeteksi. sampai disini semua aman dan kami langsung menuju ruang tunggu untuk duduk dan menunggu pesawat kami siap untuk terbang. setelah menunggu kurang lebih 30 menit pesawat sesuai jadwal siap untuk terbang.

kali ini kami dapat seat di belakang sayap, banyak temenku yang bilang aku beruntung karena bisa dapat jadwal pesawat yang terbang pagi~ sehingga aku bisa melihat indahnya gumpalan kapas dan cantiknya jalanan-jalanan dari ketinggian >////< dan ya, aku merasa sangat beruntung.

perjalanan MALAY - HK membutuhkan waktu sekitar 5 jam, penolongku saat itu adalah antimo, karna minum antimo aku bisa terlelap di pesawat selama kurang lebih 2 jam, saat tebangun aku mengisi form imigrasi yang diberikan oleh pramugari sebelumnya.
form yang harus diisi adalah nomor pasport, negara asal, negara tujuan, alamat tujuan, dll
pastikan kalian mengisinya dengan benar ya, karna tanpa itu kalian akan kesulitan saat berada di Imigrasi nanti.
 setelah diisi aku langsung menyelipkan kartunya di pasport milikku untuk nanti diserahkan di kantor imigrasi. setelah beberapa lama, keheningan lenyap karna mendengar suara dari Pramugara yang memberi instruksi untuk menegakkan kursi penumpang dan kencangkan sabuk pengaman karna sebentar lagi pesawat akan mendarat.

setelah turun dari pesawat melihat pemandangan HK dan suasana bandaranya membuatku takjub tak percaya karena bandara di HK berada di tengah-tengah laut. Kalian percaya padaku kan? ya, di tengah-tengah laut.
lalu tiba-tiba aku kaget karena melihat beberapa orang petugas sambil memegang 3-4 anjing polisi yang hitam dan besar berjaga di pintu keluar penyebrangan pesawat-bandara.
HK sangat ketat.
berjalan untuk beberapa saat, kami menuju menuju imigrasi untuk bisa keluar dari bandara,
petugas akan mengambil passport dan menyamakan dengan wajah kita, membaca kartu imigrasi,
setelah itu dibubuhi cap dan kita boleh keluar.

tujuan setelah keluar adalah mengambil koper dari bagasi di tempat koper, ada banyak sekali tempat koper yang berasal dari berbagai asal negara menuju HK, informasi untuk mengetahui tempat mengambil koper dilihat dari Lcd tv yang di gantung di tiap-tiap tempat, setelah melihat beberapa saat akhirnya aku menemukan tempat yang berasal dari Ind - Malay - HK dan menunggu koper untuk siap diambil. sesudah itu kami keluar ke arah kedatangan,

Bandara HK sangat indah dan bersih, dan sewaktu aku datang ke sana udara di sana sedang dingin-dinginnya dan i love it <3
setelah beberapa lama menunggu saudara ku datang menjemput, nenekku datang juga dan memeluk kami~aku sangat senang bisa sampai dengan selamat dan bertemu dengan saudaraku. setelah itu kami pulang naik bus tujuan Lam Tin, dan makan malam di restaurant.

[ DAY.2] Hari pertama di Hong Kong, kami diajak oleh sepupuku ke Disneyland Hong Kong.
 ke Hong Kong kalau belum mencoba ke Disneyland kurang afdol kayaknya,
 dan kalian harus ke sana kalau berkunjung ke Hong Kong!!
pagi-pagi sekitar pukul 10 setelah sarapan kami diajak untuk pergi dan aku masih ingat saat itu adalah hari Jumat, aku hanya bisa berharap kalau disana tidak terlalu ramai.

Jalan di HK, aku kesulitan untuk melihat sampah disana LOL,
disana superrrr bersihhh udaranya segar, dingin, dan tidak ada polusi sedikit pun,

kami menuju stasiun kereta api yang berada di bawah tanah, di HK tidak menggunakan uang tunai untuk transaksi angkutan umum, melainkan menggunakan card serbaguna, kalo di Indonesia kayak kartu busway gitu yang bisa diisi saldonya. cara membuatnya mudah sekali kalian dapat menemukan mesinnya di stasiun kereta api terdekat dan mereka menggunaka bahasa Inggris dan Mandarin, dan pembuatan kartunya GRATIS. cukup isi saldo saja.

Finnaly sampai di Disneyland, untuk menuju Disneyland harus menaiki kereta khusus yang bermotif full of Mickey. Keretanya hanya ada 1 jadi keretanya bolak balik. ke sana hanya memakan waktu sekitar 5 menit. Setelah kereta berhenti aku turun dan aku merasa aku berada di negeri dongeng ada banyak jam antik bertema Mickey, lalu tangga dan lantai yang berhias Mickey sungguh stasiun bagaikan negeri dongeng<3

aku ngga bisa bahasa HK, dan orang HK kurang bisa bahasa Inggris. begitu pula dengan sepupuku ini, jadi kadang-kadang kami berkomunikasi dengan bahasa tubuh dan sedikit-sedikit kosakata bahasa Inggris.

untuk urusan tiket dia yang membelikannya~  tiketnya pun lucu sekali gambarnya Toy story dan beda-beda semua, sampai sekarang aku masi menyimpan tiketnya <3
masuk ke dalam Disneyland aku bagaikan berada di negeri impian, sangat banyak istana-istana dongeng, tanaman yang menyerupai wajah karakter Disney, dan petugas-petugasnnya yang menggunakan kostum-kostum nuansa Disney yang sangat lucu. aku berkeliling, bermain, dan bersenang-senang~ suasananya waktu itu cukup ramai, dan kami sangat puas bisa mengunjungi Disneyland <3

[DAY.3] kali ini kami diajak untuk naik Tram atau bisa disebut juga kereta yang rel nya menanjak bukit dengan sudut kemiringan mencapai 90derajat.

kami naik Tram untuk mengunjungi tempat dimana bisa melihat pemandangan kota HK dari tempat tertinggi yaitu Victoria Peak <3 <3.
 kami naik bus menuju Tsim tsa tsui setelah itu menuju The Peak Tram untuk menuju The Peak.

The Peak adalah tempatnya madam tussaunds, tempat patung lilin berada. dan di sana juga terdapat The Peak tower yang isinya kurang lebih sama seperti Mall , ada restaurantnya, toko accesories, toko kecantikan, museum trick art, dll

melihat pemandangan HK yang superr indah dari tempat tertinggi, aku harap waktu itu aku datang saat malam hari, sehingga aku bisa melihat cantiknya HK dengan kelap kelip lampu malam yang indah. Aku sangat menikmatinya.

karena waktu itu aku datang di bulan Febuary, kebanyakan tempat disana bertema valentine <3 lucu sekali.
oiya dan waktu itu juga satu minggu setelah valentine adalah imlek, tempat disana juga sudah mulai dihiasi dengan nuansa imlek~ seperti lampion merah, pernak pernik domba, kue kranjang, angpao, dll

[DAY.4] di hari terakhir ini kami memutuskan untuk mengunjungi taman Nan lian, katanya sih taman ini bagus banget makanya kami penasaran.

Akses untuk menuju taman Nan lian kami menggunakan kereta dari Lam tim turun di Diamond Hill. keluar stasiun kami jalan beberapa meter dan melihat papan jalan yang menunjukan arah menuju Nan lian park.
 Di taman ini juga disediakan cafe dan tempat untuk duduk-duduk juga ada tempat sovenir dan untuk masuk ke dalam taman tidak dikenakan biaya sepeserpun alias GRATIS.

oiya kalau kalian datang ke HK aku rekomendasikan minuman teh biji bunga, rasanya sangat unik tapi enak banget <3 <3 lalu susu pisang kalian pasti bakal ketagihan kalo udah minum ini kedua minuman ini bisa kalian temukan di 7-11 terdekat >u<

saat kami memasuki kawasan itu ternyata kawasan Nan lian park masih dipakai sebagai tempat ibadah,

saat aku berjalan mengelilingi taman, taman benar-benar tampak indah dan menawan. aku sempat tidak percaya kalau ada taman yang indah seperti ini berdiri di tengah-tengah kota, dan hanya dipagari dengan pagar kayu besar berwarna coklat.

setelah puas menjelahjahi taman Nan lian, kami memutuskan untuk makan siang di Food Hall,
Mall setempat. makanan yang kami pesan adalah japanese food "omurice and tempura" dan es serut mangga <3 <3 Hauchee <3 <3

belum lengkap rasanya kalau ke luar negeri tanpa belanja oleh-oleh,
setelah perut terisi penuh kami melanjutkan perjalanan terakhir kami ke "Ladies market".

Ladies market adalah pusatnya belanja oleh-oleh dengan harga murmer alias murah meriah, sudah murah bisa di tawar pula~
oiya tips untuk berbelanja di HK, jangan menawar barang kalau ujungnya ngga jadi beli, kalian bisa kena caci maki pedagangnya, karna di HK aku akui penduduknya tuh jutek-jutek  perempuan ataupun laik-laki, makanya sebelum menawar mantapkan hati untuk membeli~

semakin malam, pasar ini akan semakin ramai kalau kalian ingin lebih leluasa untuk berbelanja oleh-oleh aku saran kan untuk berbelanja saat siang hari.

kaos HK seperti ini hanya dibanrol 100HKD/5 pcs loh.. waktu itu 100 HKD = kurang lebih 100 ribu rupiah, murah banget kann~
di Ladies market ini juga menjual sovenir Disneyland~ haha karena mahal kalau beli yang asli jadi aku beli di sini ajj deh buat oleh-oleh. harganya juga 100 HKD/5 pcs
trus aku beli pasport case disini juga gambarnya Ko-rilakkuma, ada banyak jenisnya dan lucu-lucu bangett cuma 15 HKD
selain pasport case ada juga bag name tag , lalu kaos kaki yang gambarnya lucu-lucu, lalu ada flashdisk chara 80HKD/ 6pcs,

aku juga beli stocking tatoo tiger, dress sampai celana pendek.

selain barang-barang diatas di Ladies market juga menjual berbagai Tas bermerk "KW Super", bantal, sepatu sport, alat-alat tulis yang lucu-lucu, pajangan antik, dll semua barang bisa kalian temukan ditempat ini, dan tentu saja dengan harga yang superr murah <3

now, time for packing. waktunya pulang ke Indonesia

pesawat yang aku gunakan adalah Air asia dan Tiger air dengan rute HK - SG - IND
kami heading to bandara pada pukul 2 siang karena pesawat berangkat pada pukul 6 sore waktu HK.

sesampainya di bandara kami berpamitan untuk pulang dengan nenek dan sepupuku dan menuju tempat penukaran tiket.
 setelah mendapatkan tiket kami menuju ruang tunggu melalui tempat imigrasi, di tempat imigrasi HK tidak terlalu ketat, hanya di lihat pasport dan wajahnya di cocokan setelah itu di cap dan boleh masuk menuju ruang tunggu, tidak lupa juga melewati palang pendeteksi o<---<

setelah 5 jam terbang kami sampai di Singapore jam 10 malam. disana kami mencari makan malam dan lagi-lagi pilihan jatuh kepada Mcd.
 dari Ind, Malay, Sg, HK Mcd yang paling enak adalah yang di Singapore <3 <3 waktu itu aku pesan yang McSpicy Chicken burger di keempat negara itu.
 next harus coba di negara lain hehe

pesawat pulang dijadwalkan pada pukul 7 pagi, akhirnya kami tidur di bandara tepatnya di kursi Mcd sampai pukul 5 pagi, setelah bangun kami ke toilet cuci muka dan siap-siap tukarkan tiket.

di Singapore tempat imigrasinya yang paling ketat, untuk melewati palang pendeteksi kami harus sampai membuka jaket kami bahkan  sepatu. dan aku lupa untuk memindahkan bodylotion dan sabun cuci muka ku ke bagasi, kapasitasnya memang lebih dari 100ml.
Alhasil ke dua barang itu gagal masuk imigrasi, disita, dan dibuang oleh pihak imigrasi. padahal aku baru 2 kali menggunakan lotion itu, dan sabun cuci muka ku itu aku beli import korea seharga 200 ribu dan baru 3-4 kali kugunakan. dalam hati aku hanya bisa menangis sedih melihat barang itu dibuang pihak imigrasi.

tapi yang terpenting aku lolos imigrasi dan bisa lanjut ke ruang tunggu, akhirnya pesawat siap untuk terbang dan kami pulang ke Indonesia <3
sesampainya di Indonesia kami mengambil bagasi dan dijemput kembali oleh saudara ku, lalu aku dan adikku diantar pulang ke rumah.
aku kangen sama mama dan kangen sayur asemnya mama saat itu/haha

sekian postingan mengenai perjalanan ku..

[Tambahan] saat pergi ke Hong Kong aku tidak membuat video apapun, namun Thanks to Youtube, melalui video ini kalian akan diberikan sedikit bayangan mengenai Hong Kong, seperti kartu serbaguna untuk transportasi yang telah aku ceritakan, stasiun dan kereta di Hong Kong, lalu ladies market, Hong Kong road, etc etc <3 silahkan langsung cek video dibawah ini yaa <3 <3 dan siap-siap terkagum dengan keindahan Hong Kong
(Sumber. Youtube)

Terima kasih sudah mambaca post ini sampai habis yaa, jangan lupa beri komentar dan ceritakan pengalaman kalian juga pada ku~
see you next postt~

mata nee~

30 comments

1. infonya ngebantu banget~ makasi ya

1. terimakasih udah mau bantu komentar >////< senang bisa mambantu

2. Replies
    1. pasti bisaa suatu hari nanti~ makasi yaa udah mau bantu komentar >/////<

3. storytelling nya udah bagus banget, tp penempatan foto nya msh blm sesuai... misal nya jika menceritakan disneyland, foto yg ditampilkan berurutan, dari foto tiket masuk hingga kegiatan selama disana, sesuai dengan cerita nya... :D

Tapi, info nya sudah banyak membantu... terima kasiih...XD

1. terima kasih buat masukannya~ sudah ku ganti nihh hehe//// makasih ya udha mau bantu komentarr >/////<

4. ngebacanya seru banget masukkan aja, kayaknya akan lebih bagus kalau fotonya lebih diperbesar supaya suasanannya jadi lebih terasa
    but, overall Nice

1. makasih buat masukannya~ oke next post akan lebih baik lagi

5. blog nya bagusss~ hehehe
    sering-sering posing perjalanan yaa~

6. bagus blognyaaa, jadi pengen ke hongkong:"( Lanjutkan!!~~

1. makasi ayuuu~ ditunggu postingan tentang Thailandnya yaa <3

7. kereeenn banget ika foto-fotonya :)
    mampir ke blog gua juga yaa.. hehe

8. seru banget deh ke Hong Kong, ikut dong

1. haha~ ayo kita ke Hong Kong sama-sama XDD

9. nice story kembarr

10. blognya bagus banget, informasinya juga unik-unik. jadi pengen ke Hong Kong juga :"D